Senin, 24 Maret 2008

Nama Mata Kuliah:Orientasi Profesi Bimbingan dan Konseling
Kode Mata Kuliah:PPB 533
Semester:1
Jenjang:S1
Dosen:Dr. H. Ahman, M.Pd.
Pokok Bahasan:Mata kuliah ini membahas konsep dasar profesi dan konseling (BK), landasan formal BK di sekolah, perkembangan BK, gugus tugas profesi BK, model pendidikan konselor, profil konselor professional, dan organisasi profesi BK (Kurikulum, 1993).
I) Orientasi Perkuliahan
Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai asukan dari mahasiswa untuk memberi kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan yang dianggap tidak penting dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting. Sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus pada bagian ini juga dibahas mengenai tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber.
Membahas strategi pengembangan dan evaluasi Program BK di luar sekolah.

II) Konsep Profesi
Membahas pengertian dan ciri-ciri profesi secara umum
III) Konsep Profesi Bimbingan dan Konseling
Membahas pengertian dan ciri-ciri profesi bimbingan dan konseling
IV) Profesional, Profesionalisasi, Profesionalitas, dan Profesionalisme
Membahas konsep professional, profesionalisasi, profesionalitas, dan profesionalisme.
V) Identitas dan Potret Profesi Bimbingan dan Konseling Saat ini
Membahas identitas dan potret profesi bimbingan dan konseling di Luar Negeri dalam perspektif sejarah
VI) Identitas dan Potret Profesi Bimbingan dan Konseling Saat ini
Membahas identitas dan potret profesi bimbingan dan konseling di Indonesia dalam perspektif sejarah
VII) Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PT
VIII) UTS
IX) Bimbingan dan Konseling di Lingkungan Industri
Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di industri.
X) Bimbingan dan Konseling di Masyarakat
Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di Masyarakat.
XI) Gugus Tugas Profesi BK
Membahas gugus tugas profesi bimbingan dan onseling.
XII) Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling
Membahas Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling serta perkembangannya dari waktu ke waktu.
XIII) Model Pendidikan Konselor
Membahas pendidikan konselor yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dari waktu ke waktu
XIV) Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling
Membahas sejarah, perkembangan, dan peningkatan mutu organisasi profesi bimbingan dan konseling.
XV) Perbandingan antar Profesi (Konselor, Guru, Psikolog, Dokter, Pengacara, Pekerja Sosial)
Membahas hasil studi banding terhadap berbagai profesi yang ada.
XVI) UAS
TIU:-
TIK:-
Alokasi:16 kali pertemuan
Sumber:Abin Syamsuddin, (2000), Pengembangan Profesi Kependidikan, (Hand Out Perkulian), Pascasarjana UPI : Bandung.

Blocher, Donald, (1989), The Professional Counselor, Mc. Millan Publishing Co. : New York.

Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia

Kode Etik Psikolog Indonesia

Nandang Budiman, (1999), Orientasi Profesi Keguruan, (Diktat), PPB FIP UPI : Bandung.

Nugent, (1990), Introduction to The Profession of Counseling, Mc. Millan Publishing Co. : New York.

Petunjuk Pelaksana Bimbingan dan Konseling.

Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Update Terakhir:2004-08-03
File:Download Silabus
Nama Mata Kuliah:Orientasi Profesi Bimbingan dan Konseling
Kode Mata Kuliah:PPB 533
Semester:1
Jenjang:S1
Dosen: 1. Dr. H. Ahman, M.Pd. (0813)
2. Drs. Sudaryat Nurdin A. (1433)
3. Nandang Budiman,
Pokok Bahasan:Mata kuliah ini membahas konsep dasar profesi dan konseling (BK), landasan formal BK di sekolah, perkembangan BK, gugus tugas profesi BK, model pendidikan konselor, profil konselor professional, dan organisasi profesi BK (Kurikulum, 1993).
TIU:Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan :
1. ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelas;
2. penyajian makalah;
3. pengembangan tinjauan kritis.
TIK:Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
1. Aktivitas di kelas (10%)
2. Penampilan Laporan Bab (15%)
3. Diskusi dan Laporan Perbandingan Profesi (10%)
4. UTS (20%)
5. UAS (30%)
6. Critical Review (15%)
Alokasi:16 kali pertemuan
Sumber:Abin Syamsuddin, (2000), Pengembangan Profesi Kependidikan, (Hand Out Perkulian), Pascasarjana UPI : Bandung.

Blocher, Donald, (1989), The Professional Counselor, Mc. Millan Publishing Co. : New York.

Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia

Kode Etik Psikolog Indonesia

Nandang Budiman, (1999), Orientasi Profesi Keguruan, (Diktat), PPB FIP UPI : Bandung.

Nugent, (1990), Introduction to The Profession of Counseling, Mc. Millan Publishing Co. : New York.

Petunjuk Pelaksana Bimbingan dan Konseling.

Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Update Terakhir:2005-01-29

Tidak ada komentar: