Nama Mata Kuliah | : | Orientasi Profesi Bimbingan dan Konseling |
Kode Mata Kuliah | : | PPB 533 |
Semester | : | 1 |
Jenjang | : | S1 |
Dosen | : | Dr. H. Ahman, M.Pd. |
Pokok Bahasan | : | Mata kuliah ini membahas konsep dasar profesi dan konseling (BK), landasan formal BK di sekolah, perkembangan BK, gugus tugas profesi BK, model pendidikan konselor, profil konselor professional, dan organisasi profesi BK (Kurikulum, 1993). I) Orientasi Perkuliahan Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai asukan dari mahasiswa untuk memberi kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan yang dianggap tidak penting dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting. Sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus pada bagian ini juga dibahas mengenai tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber. Membahas strategi pengembangan dan evaluasi Program BK di luar sekolah. II) Konsep Profesi Membahas pengertian dan ciri-ciri profesi secara umum III) Konsep Profesi Bimbingan dan Konseling Membahas pengertian dan ciri-ciri profesi bimbingan dan konseling IV) Profesional, Profesionalisasi, Profesionalitas, dan Profesionalisme Membahas konsep professional, profesionalisasi, profesionalitas, dan profesionalisme. V) Identitas dan Potret Profesi Bimbingan dan Konseling Saat ini Membahas identitas dan potret profesi bimbingan dan konseling di Luar Negeri dalam perspektif sejarah VI) Identitas dan Potret Profesi Bimbingan dan Konseling Saat ini Membahas identitas dan potret profesi bimbingan dan konseling di Indonesia dalam perspektif sejarah VII) Bimbingan dan Konseling di Sekolah Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PT VIII) UTS IX) Bimbingan dan Konseling di Lingkungan Industri Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di industri. X) Bimbingan dan Konseling di Masyarakat Membahas landasan teoretis, formal, dan operasional bimbingan dan konseling di Masyarakat. XI) Gugus Tugas Profesi BK Membahas gugus tugas profesi bimbingan dan onseling. XII) Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling Membahas Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling serta perkembangannya dari waktu ke waktu. XIII) Model Pendidikan Konselor Membahas pendidikan konselor yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dari waktu ke waktu XIV) Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling Membahas sejarah, perkembangan, dan peningkatan mutu organisasi profesi bimbingan dan konseling. XV) Perbandingan antar Profesi (Konselor, Guru, Psikolog, Dokter, Pengacara, Pekerja Sosial) Membahas hasil studi banding terhadap berbagai profesi yang ada. XVI) UAS |
TIU | : | - |
TIK | : | - |
Alokasi | : | 16 kali pertemuan |
Sumber | : | Abin Syamsuddin, (2000), Pengembangan Profesi Kependidikan, (Hand Out Perkulian), Pascasarjana UPI : Bandung. Blocher, Donald, (1989), The Professional Counselor, Mc. Millan Publishing Co. : New York. Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia Kode Etik Psikolog Indonesia Nandang Budiman, (1999), Orientasi Profesi Keguruan, (Diktat), PPB FIP UPI : Bandung. Nugent, (1990), Introduction to The Profession of Counseling, Mc. Millan Publishing Co. : New York. Petunjuk Pelaksana Bimbingan dan Konseling. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 |
Update Terakhir | : | 2004-08-03 |
File | : | Download Silabus |
Nama Mata Kuliah | : | Orientasi Profesi Bimbingan dan Konseling |
Kode Mata Kuliah | : | PPB 533 |
Semester | : | 1 |
Jenjang | : | S1 |
Dosen | : | 1. Dr. H. Ahman, M.Pd. (0813) 2. Drs. Sudaryat Nurdin A. (1433) 3. Nandang Budiman, |
Pokok Bahasan | : | Mata kuliah ini membahas konsep dasar profesi dan konseling (BK), landasan formal BK di sekolah, perkembangan BK, gugus tugas profesi BK, model pendidikan konselor, profil konselor professional, dan organisasi profesi BK (Kurikulum, 1993). |
TIU | : | Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan : 1. ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelas; 2. penyajian makalah; 3. pengembangan tinjauan kritis. |
TIK | : | Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam: 1. Aktivitas di kelas (10%) 2. Penampilan Laporan Bab (15%) 3. Diskusi dan Laporan Perbandingan Profesi (10%) 4. UTS (20%) 5. UAS (30%) 6. Critical Review (15%) |
Alokasi | : | 16 kali pertemuan |
Sumber | : | Abin Syamsuddin, (2000), Pengembangan Profesi Kependidikan, (Hand Out Perkulian), Pascasarjana UPI : Bandung. Blocher, Donald, (1989), The Professional Counselor, Mc. Millan Publishing Co. : New York. Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia Kode Etik Psikolog Indonesia Nandang Budiman, (1999), Orientasi Profesi Keguruan, (Diktat), PPB FIP UPI : Bandung. Nugent, (1990), Introduction to The Profession of Counseling, Mc. Millan Publishing Co. : New York. Petunjuk Pelaksana Bimbingan dan Konseling. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 |
Update Terakhir | : | 2005-01-29 |
Senin, 24 Maret 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar